OPP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek)
TUGAS
2
“BAHASA
PEMROGRAMAN JAVA”
OPP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Obje)
oleh
:
Fina
Norfila
11.01.53.0094
PROGRAM
STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS
TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS
STIKUBANK(UNISBANK) SEMARANG
TAHUN
2011/2012
1.
Paparan Sistem
Saat ini banyak lembaga kehidupan menggunakan/melibatkan sistem dari
komputer untuk memudahkan dalam memproses/menganalisa pekerjaan agar
lebih mudah, efisien, dan cepat. Jadi tidak jarang berbagai
perusahaan bingung ingin memulai dari mana, maka dari itu
terbentuklah sebuah sistem dari komputer yang mana menangani sebuah
operasi-operasi yang memudahkan dalam menghitung, menyimpan,
menghapus, maupun mencarinya, di bawah ini adalah sebuah perencanaan
awal sebelum membuat sistem komputer yaitu memaparkan sistem,
menentukan objek dan kelas, menentukan kata benda dan kata kerja yang
kemudian data akan berelasi antar kelas, dan programnya (dalam bentuk
java) serta informasinya.
Pada kasus sebuah mini market membutuhkan sebuah program dimana bisa
mengelola penyimpanan stok barang, pembelian barang dari
distibutor/agen, penjualan barang kepada konsumen, penataan barang
dengan menggunakan ID Panggil barang sehingga mudah di cari
keberadaannya, pencarian harga barang(jika ada pelanggan bertanya
tentang harga yang kurang jelas) sehingga lebih cepat dalam
memberikan informasi harga tersebut, pemberian diskon pada sebuah
barang, dsb dalam komputerisasi tetapi yang akan saya bahas adalah
menghitung pembelian konsumen.
Dimana seorang konsumen memberikan sejumlah barang yang akan dibeli
lalu sang kasir menghitungnya, adapun yang akan dihitung yaitu harga
barang dan jumlah barang yang akan menghasilkan total bayar yang
harus dibayar oleh si pelanggan. Tetapi dalam program yang saya buat
saya membatasi 10 jumlah barang karena akan lebih simpel, bisa
dirubah sesuai keingininan dengan mengubah kodenya.
2. Menentukan kata benda dan kata kerja dari paparan Sistem
Pada bawah ini kata
yang di blok warna
ungu
adalah kata
benda
Pada bawah ini kata
yang di blok warna hijau
adalah kata kerja
Pada
kasus sebuah mini market membutuhkan sebuah program dimana bisa
mengelola penyimpanan
stok barang,
pembelian
barang
dari distibutor/agen,
penjualan
barang
kepada pembeli,
penataan
barang
dengan menggunakan ID Panggil barang
sehingga mudah di cari keberadaannya, pencarian
harga/
barang(jika ada pembeli
bertanya tentang harga yang kurang jelas) sehingga lebih cepat dalam
memberikan informasi harga tersebut, pemberian
diskon pada sebuah barang,
dsb dalam komputerisasi tetapi yang akan saya bahas adalah menghitung
pembelian
konsumen.
Dimana
seorang konsumen
memberikan sejumlah barang
yang akan dibeli lalu sang kasir
menghitung
tersebut, adapun yang akan dihitung yaitu harga barang
dan jumlah barang
yang akan menghasilkan total bayar yang harus dibayar oleh si
pembeli.
Tetapi dalam program yang saya buat saya membatasi 10 jumlah barang
karena akan lebih simpel, bisa dirubah sesuai keingininan dengan
mengubah kodenya
3.
Menentukan objek dan kelas dari
paparan Sistem
Pada bawah ini kata
yang di blok warna
merah
adalah objek
Pada bawah ini kata
yang di blok warna kuning
adalah kelas
Pada
kasus sebuah mini market membutuhkan sebuah program dimana bisa
mengelola penyimpanan stok barang, pembelian
barang dari distibutor/agen,
penjualan
barang kepada pembeli,
penataan barang
dengan menggunakan ID Panggil barang
sehingga mudah di cari keberadaannya, pencarian
harga barang(jika ada pembeli
bertanya tentang harga yang kurang jelas) sehingga lebih cepat dalam
memberikan informasi harga tersebut, pemberian
diskon pada sebuah barang,
dsb dalam komputerisasi tetapi yang akan saya bahas adalah menghitung
pembelian konsumen.
Dimana
seorang pembeli memberikan sejumlah barang
yang akan dibeli lalu sang kasir
menghitung tersebut, adapun yang akan dihitung yaitu harga barang
dan jumlah barang
yang akan menghasilkan total bayar yang harus dibayar oleh si
pembeli.
Tetapi dalam program yang saya buat saya membatasi 10 jumlah barang
karena akan lebih simpel, bisa dirubah sesuai keingininan dengan
mengubah kodenya
Objek Oriented
Programming (OOP)
Dari data diatas maka
diperoleh :
No
|
Objek
|
Atribut
|
Method
|
1
|
Barang
|
Kode_barang, Nama_barang, Harga_barang,
Stok_barang, Kadaluarsa
|
Disimpan, dihaspus, dihitung dan dicari
|
2
|
Pembeli
|
Nama_pembeli, Indeks Pembeli
|
Membeli
|
3
|
Distributor/agen
|
Nama_agen, Alamat_agen, Hp_agen, Indeks_agen
|
Menjual
|
3. Relasi antar kelas
Pencarian barang
|
Kode_barang
|
Nama_barang
|
Pembelian barang
|
|
Nama_agen | |
Nama_barang | |
Harga_barang1 | |
Kadaluarsa | |
Jumlah_brg | |
Penjualan barang
|
Indeks_pelanggan
|
Kode_barang |
Nama_barang
|
Harga_barang2
|
Jumlah_brg
|
Diskon
|
Kode_barang |
Nama_barang
|
Harga_barang2=harga1-diskon+laba |
Yang dimaksud diatas
adalah beberapa kelas yang atributnya
saling berhubungan dan mempengaruhi kelas satu sama lain. Contoh
atribut Nama_barang yang ada pada kelas pembelian barang sama dengan
kelas penjualan barang
CONTOH
PROGRAM DIATAS
import java.io.*;
public class OOP
{
public static void main (String[]
args)throws IOException
{ int
j,ulang;
String kode_brg[] = new
String [10];
String
nama_brg[] = new String [10];
int harga_brg[] = new int [10];
int jumlah_brg[] = new int [10];
int total[] = new int [10];
int total_bayar=0;
System.out.println(“Selamat
Datang di FM (Fina_Mart)”);
System.out.println(“Kualitas
Bagus, Harga Capcuss”);
System.out.println(“===========================”);
BufferedReader in= new BufferedReader
(new InputStreamReader (System.in));
System.out.print("Berapa
jumlah barang= ");
ulang=Integer.parseInt(in.readLine());
for(j=1;j<=ulang;j++)
{
System.out.print("Masukkan
Kode barang ke-"+j+": ");
kode_brg[j]
= in.readLine ();
System.out.print("Masukkan
Nama barang ke-"+j+": ");
nama_brg[j]
= in.readLine ();
System.out.print("Masukkan
Jumlah barang ke-"+j+": ");
jumlah_brg[j]=Integer.parseInt(in.readLine());
System.out.print("Masukkan
Harga barang ke-"+j+": ");
harga_brg[j]=Integer.parseInt(in.readLine());
}
for (j=1;j<=ulang;j++)
{
total[j]=jumlah_brg[j]*harga_brg[j];
total_bayar=total_bayar+total[j];
}
System.out.println();
for(j=1;j<=ulang;j++)
{
System.out.println("Kode
Barang\t\tNama barang\t\tJumlah barang\t\tHarga Barang");
System.out.println(""+kode_brg[j]+"\t\t\t"+nama_brg[j]+"\t\t\t"+jumlah_brg[j]+"\t\t\t"+harga_brg[j]);
}
System.out.print("Total Bayar :
"+total_bayar);
}
0 komentar:
Posting Komentar