Jumat, 07 September 2012

Contoh Naskah Pidato atau MC atau Protokol B. Indonesia

Kali ini saya akan membahas seluk beluk tentang PIDATO 
Pidato adalah sebuah kegiatan dimana seseorang berbicara di depan umum atau berorasi untuk
menyatakan pendapatnya, atau memberikan saran atau gambaran tentang suatu hal.

didalamnya berisi tahapan-tahapan yang harus ada dalam berpidato
dibawah ini tahapan-tahapan beserta contohnya

  •  SALAM PEMBUKA DAN PENDAHULUAN
berisi salam yang digunakan pertama kali untuk menyambut hadirin atau audiens, kata Assalamu’alaikum W.R W.B bisa diganti dengan ucapan keterangan waktu misal Selamat Malam, Siang atau Sore, tergantung minat anda :) Pendahuluan atau sering disebut muqoddimah juga bisa diganti sesuai dengan kepercayaan masin-masing :)


Assalamu’alaikum W.R W.B

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ
Segala puji bagi Allah, al-Malik Al-Haqq, Al-Mubin, yang memberikan kita iman dan keyakinan. Ya Allah, limpahkan shalawat pada pemimpin kami Muhammad, penutup para nabi dan rasul, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat piluhan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat

  • SAMBUTAN
Sapaan adalah ucapan sapa kepada seseorang dimana orang tersebut termasuk orang penting dalam acara tersebut atau orang yang dihormati dalam acara tersebut. Biasanya diawali dengan orang yang jabatannya paling tinggi hingga pada level rendah jadi tertinggi dahulu baru terendah jabatannya.

Yang terhormat :
  1. Perwakilan Lembaga Universitas Stikubank(UNISBANK) Semarang
(-)
  1. Pembicara :
.......................................(selamat datang bapak)
  1. Moderator
..............................................(selamat pagi bapak)
  1. Ketua pembina UKM BAI AL-IKHSAN Universitas Stikubank(UNISBANK) Semarang
Bapak Fatkhul Amin(selamat pagi bapak)
  1. Kepada segenap panitia acara yang kami banggakan
  2. Serta Para peserta ESQ 2012 yang berbahagia.
  • PEMBUKAAN
Biasanya berisi rasa syukur atau terimakasih atas Tuhan dan pengucapan sholawat

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur akan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahamat,taufik serta hidayahnya sehingga pada hari ini, 7 Juni 2012 kita dapat berkumpul disini ntuk melaksanakan pelatihan yang bertema “Melatih kecerdasan spiritual generasi muda”
Shalawat serta salam tidak lupa kita haturkan kepada junjungan nabi agung kita, nabi Muhammad SAW, semoga kita mendapatkan syafa’atnya di hari akhir nanti, aamiin aamiinya robbal ngalamiin, kami selaku pembawa acara akan membacakan susunan acara sebagai berikut :
  • SUSUNAN ACARA
berisi tentang urutan atau susunan atau langkah acara
  1. Pembacaan Ayat suci Al-Qur’an
  2. Pembukaan
  3. Sambutan-sambutan
  4. Pelatihan
  5. Pembagian doorprice dan kenang-kenangan
  6. Do’a dan penutup
Memasuki acara yang pertama pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Akhi Fauzi dan Ukhti Nurfi,waktu dan tempat kami serahkan.

Terimakasih kasih Akhi Fauzi dan Ukhti Nurfi
Dita : Wah bagus sekali ya suara mereka, ukhti fina
Fina : iya ukhti lia, suaranya itu hlo menggetarkan jiwa, apa kabar teman-teman masih semangat?bagaimana ukhti dita?
Dita : tentunya ukhti fina, oya teman-teman kalau kita tanya apa kabar jawabnya gini(alhamdulilah,luar biasa,tetap semangat, Allahu Akbar)
Fina : Oya ukhti dita untuk menghemat waktu acara kita lanjut aja ya, selanjutnya sambutan-sambutan, sambutan yang pertama ketua panitia acara, kepada Akhi Rohman kami persilahkan.
Dita : Terimakasih atas sambutannya Akhi rohman ,untuk sambutan yang kedua ketua UKM BAI AL-IKHSAN Universitas Stikubank(UNISBANK) Semarang, kepada Akhi Hasan kami persilahkan
Fina : Terimakasih atas sambutannya Akhi Hasan, sambutan yang selanjutnya ketua pembina BAI AL-IKHSAN Universitas Stikubank(UNISBANK) Semarang, kepada bapak Fatkhul Amin, ST dimohon memberikan sambutan dan membuka acara pada hari ini.
Dita : Temakasih atas sambutannya bapak amin, untuk sambutan terakhir perwakilan lembaga Universitas Stikubank(UNISBANK) Semarang,kepada kami pesilahkan.
Fina : Termikasih atas sambutannya ibuk ,nah ukhti dita acara selanjutnya acara inti, yaitu acara pelatihan kepada Moderator waktu dan tempat kami serahkan





Fina : nah tadi udah pembagian doorprise,sekarang pemberian kenang-kenangan dan sertifikat kepada…………. yang akan di serahkan oleh Ketua panitia acara.
Dita : yang kedua kepada ……………………………………yang akan diserahkan oleh ketua UKM BAI AL-IKHSAN Universitas Stikubank(UNISBANK) Semarang.

Fina : Nah aku punya info lagi ni ukhti fina yaitu buat temen mahasiswi unisbank khususnya jika berminat untuk bergabung di UKM BAI AL-IKHSAN langsung daftar aja di Basecamp kami lantai satu kampus mugas atau kendeng, kami tunggu yaa teman-teman semua.
Ukhti dita kita sampai pada akhir acara nih, Sebelum acara ditutup kami memohon kesediaan...............................memimpin do’a penutup, kepadanya kami persilahkan.
  •  PENUTUP SAN SALAM PENUTUP
Berisi tentang ungkapan maaf dan salam penutup 

Dita : Sekian serangkaian acara talkshow yang bertajuk “ Melatih kecerdasan spiritual generasi muda” bila ada tutur kata yang salah, canda yang tak berkenan dihati , kami segenap panitia memohon ma’af yang sebesar-besarnya, acara kami memang jauh dari kata sempurna karena kesempurna’an hanya milik Allah, tetapi semoga segala apa yang kami sampaikan mendapat dampak positif bagi kehidupan kita semua, aamiiin

Wabilattaufik wal hidayah wa ridho wal innayah
Wassalammualaikum Wr. Wb

0 komentar:

Posting Komentar