Kamis, 28 Juni 2012

OPP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek)


TUGAS 2
BAHASA PEMROGRAMAN JAVA”
OPP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Obje)

oleh :
Fina Norfila
11.01.53.0094




PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS STIKUBANK(UNISBANK) SEMARANG
TAHUN 2011/2012



1. Paparan Sistem

Saat ini banyak lembaga kehidupan menggunakan/melibatkan sistem dari komputer untuk memudahkan dalam memproses/menganalisa pekerjaan agar lebih mudah, efisien, dan cepat. Jadi tidak jarang berbagai perusahaan bingung ingin memulai dari mana, maka dari itu terbentuklah sebuah sistem dari komputer yang mana menangani sebuah operasi-operasi yang memudahkan dalam menghitung, menyimpan, menghapus, maupun mencarinya, di bawah ini adalah sebuah perencanaan awal sebelum membuat sistem komputer yaitu memaparkan sistem, menentukan objek dan kelas, menentukan kata benda dan kata kerja yang kemudian data akan berelasi antar kelas, dan programnya (dalam bentuk java) serta informasinya.

Pada kasus sebuah mini market membutuhkan sebuah program dimana bisa mengelola penyimpanan stok barang, pembelian barang dari distibutor/agen, penjualan barang kepada konsumen, penataan barang dengan menggunakan ID Panggil barang sehingga mudah di cari keberadaannya, pencarian harga barang(jika ada pelanggan bertanya tentang harga yang kurang jelas) sehingga lebih cepat dalam memberikan informasi harga tersebut, pemberian diskon pada sebuah barang, dsb dalam komputerisasi tetapi yang akan saya bahas adalah menghitung pembelian konsumen.
Dimana seorang konsumen memberikan sejumlah barang yang akan dibeli lalu sang kasir menghitungnya, adapun yang akan dihitung yaitu harga barang dan jumlah barang yang akan menghasilkan total bayar yang harus dibayar oleh si pelanggan. Tetapi dalam program yang saya buat saya membatasi 10 jumlah barang karena akan lebih simpel, bisa dirubah sesuai keingininan dengan mengubah kodenya.


2. Menentukan kata benda dan kata kerja dari paparan Sistem

Pada bawah ini kata yang di blok warna ungu adalah kata benda
Pada bawah ini kata yang di blok warna hijau adalah kata kerja

Pada kasus sebuah mini market membutuhkan sebuah program dimana bisa mengelola penyimpanan stok barang, pembelian barang dari distibutor/agen, penjualan barang kepada pembeli, penataan barang dengan menggunakan ID Panggil barang sehingga mudah di cari keberadaannya, pencarian harga/ barang(jika ada pembeli bertanya tentang harga yang kurang jelas) sehingga lebih cepat dalam memberikan informasi harga tersebut, pemberian diskon pada sebuah barang, dsb dalam komputerisasi tetapi yang akan saya bahas adalah menghitung pembelian konsumen.
Dimana seorang konsumen memberikan sejumlah barang yang akan dibeli lalu sang kasir menghitung tersebut, adapun yang akan dihitung yaitu harga barang dan jumlah barang yang akan menghasilkan total bayar yang harus dibayar oleh si pembeli. Tetapi dalam program yang saya buat saya membatasi 10 jumlah barang karena akan lebih simpel, bisa dirubah sesuai keingininan dengan mengubah kodenya








3. Menentukan objek dan kelas dari paparan Sistem
Pada bawah ini kata yang di blok warna merah adalah objek
Pada bawah ini kata yang di blok warna kuning adalah kelas

Pada kasus sebuah mini market membutuhkan sebuah program dimana bisa mengelola penyimpanan stok barang, pembelian barang dari distibutor/agen, penjualan barang kepada pembeli, penataan barang dengan menggunakan ID Panggil barang sehingga mudah di cari keberadaannya, pencarian harga barang(jika ada pembeli bertanya tentang harga yang kurang jelas) sehingga lebih cepat dalam memberikan informasi harga tersebut, pemberian diskon pada sebuah barang, dsb dalam komputerisasi tetapi yang akan saya bahas adalah menghitung pembelian konsumen.
Dimana seorang pembeli memberikan sejumlah barang yang akan dibeli lalu sang kasir menghitung tersebut, adapun yang akan dihitung yaitu harga barang dan jumlah barang yang akan menghasilkan total bayar yang harus dibayar oleh si pembeli. Tetapi dalam program yang saya buat saya membatasi 10 jumlah barang karena akan lebih simpel, bisa dirubah sesuai keingininan dengan mengubah kodenya

Objek Oriented Programming (OOP)
Dari data diatas maka diperoleh :
No
Objek
Atribut
Method
1
Barang
Kode_barang, Nama_barang, Harga_barang, Stok_barang, Kadaluarsa
Disimpan, dihaspus, dihitung dan dicari
2
Pembeli
Nama_pembeli, Indeks Pembeli
Membeli
3
Distributor/agen
Nama_agen, Alamat_agen, Hp_agen, Indeks_agen
Menjual

3. Relasi antar kelas
Pencarian barang
Kode_barang
Nama_barang

Pembelian barang

Nama_agen

Nama_barang

Harga_barang1

Kadaluarsa

Jumlah_brg













Penjualan barang
Indeks_pelanggan
Kode_barang
Nama_barang
Harga_barang2
Jumlah_brg




Diskon
Kode_barang
Nama_barang
Harga_barang2=harga1-diskon+laba





Yang dimaksud diatas adalah beberapa kelas yang atributnya saling berhubungan dan mempengaruhi kelas satu sama lain. Contoh atribut Nama_barang yang ada pada kelas pembelian barang sama dengan kelas penjualan barang
CONTOH PROGRAM DIATAS
import java.io.*;
public class OOP
{
public static void main (String[] args)throws IOException
{ int j,ulang;
String kode_brg[] = new String [10];
String nama_brg[] = new String [10];
int harga_brg[] = new int [10];
int jumlah_brg[] = new int [10];
int total[] = new int [10];
int total_bayar=0;
System.out.println(“Selamat Datang di FM (Fina_Mart)”);
System.out.println(“Kualitas Bagus, Harga Capcuss”);
System.out.println(“===========================”);

BufferedReader in= new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in));
System.out.print("Berapa jumlah barang= ");
ulang=Integer.parseInt(in.readLine());
for(j=1;j<=ulang;j++)
{
System.out.print("Masukkan Kode barang ke-"+j+": ");
kode_brg[j] = in.readLine ();
System.out.print("Masukkan Nama barang ke-"+j+": ");
nama_brg[j] = in.readLine ();
System.out.print("Masukkan Jumlah barang ke-"+j+": ");
jumlah_brg[j]=Integer.parseInt(in.readLine());
System.out.print("Masukkan Harga barang ke-"+j+": ");
harga_brg[j]=Integer.parseInt(in.readLine());
}
for (j=1;j<=ulang;j++)
{
total[j]=jumlah_brg[j]*harga_brg[j];
total_bayar=total_bayar+total[j];
}
System.out.println();
for(j=1;j<=ulang;j++)
{
System.out.println("Kode Barang\t\tNama barang\t\tJumlah barang\t\tHarga Barang");
System.out.println(""+kode_brg[j]+"\t\t\t"+nama_brg[j]+"\t\t\t"+jumlah_brg[j]+"\t\t\t"+harga_brg[j]);
}
System.out.print("Total Bayar : "+total_bayar);
}

0 komentar:

Posting Komentar