Selasa, 29 Januari 2013

Tips dan Cara Keamanan Komputer

Keamanan Komputer Mengapa dibutuhkan ?
“information-based society”, menyebabkan nilai informasi  menjadi sangat penting dan menuntut kemampuan untuk mengakses dan menyediakan informasi secara cepat dan akurat menjadi sangat esensial bagi sebuah organisasi,
Infrastruktur Jaringan komputer, seperti LAN  dan Internet, memungkinkan untuk menyediakan informasi secara cepat, sekaligus membuka potensi adanya lubang keamanan (security hole)
Kejahatan Komputer semakin meningkat karena :
Aplikasi bisnis berbasis TI dan jaringan komputer meningkat : online banking, e-commerce, Electronic data Interchange (EDI).
Desentralisasi server.
Transisi dari single vendor ke multi vendor.
Meningkatnya kemampuan pemakai (user).
Kesulitan penegak hokum dan belum adanya ketentuan yang pasti.
Semakin kompleksnya system yang digunakan, semakin besarnya source code program yang digunakan.
Berhubungan dengan internet.
Klasifikasi Keamanan:
1    Keamanan yang bersifat fisik (physical security): termasuk akses orang ke gedung, peralatan, dan media yang digunakan. Contoh :
    -    Wiretapping atau hal-hal yang ber-hubungan     dengan akses ke kabel atau komputer yang     digunakan juga dapat dimasukkan ke dalam kelas     ini.
    -    Denial of service, dilakukan misalnya dengan     mematikan peralatan atau membanjiri saluran     komunikasi dengan pesan-pesan (yang dapat berisi     apa saja karena yang diuta-makan adalah     banyaknya jumlah pesan).
    -    Syn Flood Attack, dimana sistem (host) yang dituju     dibanjiri oleh permintaan sehingga dia menjadi ter-    lalu sibuk dan bahkan dapat berakibat macetnya     sistem (hang).

untuk download selanjutnya klik link dibawah ini :)

0 komentar:

Posting Komentar