Senin, 30 Juli 2012

Tips mengatasi bau mulut saat berpuasa



Assalumalaikum wr. wb.
Puasa adalah ibadah yang musti dijalankan ketika bulan Ramadhan, Bulan yang hanya pada satu bulan dalam setahun, dengan menahan diri dari yang namanya Maka, Minum, dan Hawa nafsu dari terbitnya sang menatri sampai terbenamnya, oleh karena itu tubuh kita kekurangan asupan mineral, makanan dsb itu menjadikan lambung kita menyebabkan reaksi yang akan timbul pada pernafasan kita, sehingga sering terjadi lambung kita BAU / TIDAK SEDAP
Maka dari itu saya sendiri yang Insya'Allah menjalankan puasa juga akan memberikan tips atau saran utuk anda menghindari hal-hal yang tidak di inginkan tersebut, yaitu :

1. Jangan Makan yang tidak sedap
Seperti jengkol, petai, makanan yang terdapat bawang puting banyak, alkohol, merokok Jelas ini berpengaruh besar dalam ke-tidak-sedapan mulut, meskipun begitu jangan membenci makanan tersebut karena jengkol, petai, makanan yang terdapat bawang puting banyak adalah ciptaan Allah dan banyak mengandung fungsi yang sangat bagus, tetapi hindari saja :)

2. Seringlah Gosok gigi
untuk menjaga kesehatan mulut karena bau mulut juga disebabkan oleh kuman/bakteri yang bersarang pada mulut dikarenakan sisa makanan dsb, dan saat puasa mulut kita kering

Hukum bersugi atau sikat gigi ketika puasa adalah harus dan ini berdasarkan kepada hadis dari Abu Hurairah ra yang bermaksud :

“Seandainya aku tidak memberatkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka bersiwak pada setiap kali wudhu” (Riwayat Imam Malik, Ahmad, Nasai)

Rumusan yang dapat diambil dari hadis di atas ini ialah tiada penegahan bersugi atau bersiwak di waktu puasa Bulan Ramadhan. Maka tidak haram bagi sesiapa yang ingin membersihkan gigi mereka pada waktu berpuasa. Makruh bagi sesiapa yang bersugi untuk menghilangkan bau mulut mereka yang berpuasa, ini berdasarkan kepada hadis yang bermaksud :

“Sesungguhnya bauan mulut orang yang berpuasa itu pada hari kiamat adalah lebih baik di sisi Allah daripada bauan haruman kasturi".

Orang yang bersugi ketika waktu dhuhur (tengahari) ke atas, boleh membuatkan puasa mereka menjadi makruh kerana dapat menghilangkan bau mulut dari hasil puasa mereka. Begitu juga orang yang berlebihan dalam bersugi. Pendapat ini adalah dari ulamak Syafie.


3. Berkumur dengan mouthwash atau daun sirih



sangat bagus sekali karena akan menyebabkan mulut kita segar :)

4. Sering berwudlu

Ketika berwudhu disunnahkan untuk berkumur-kumur dan bersiwak(sikat gigi). Secara medis hal ini ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan mulut. Sebuah penelitian mencatat bahwa 90% dari mereka yang menderita kerusakan gigi, adalah karena keteledoran dalam melakukan kebersihan mulut. Penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri yang ada dimulut tidak hanya mengancam gigi dan gusi, tetapi juga mengancam sistem pencernaan kita.

5. Minum air putih sekitar 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur.

6. Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur. Beberapa buah-buahan tertentu seperti semangka, bengkuang merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air.

7. Jika kebetulan ada masalah dengan gigi selama berpuasa segera kontrol kepada dokter gigi agar perawatan gigi dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

0 komentar:

Posting Komentar