Rabu, 11 Juli 2012

SORTING (pengurutan)


SORTING(pengurutan)

Sorting merupakan suatu proses untuk menyusun kembali humpunan obyek menggunakan aturan tertentu. Sorting disebut juga sebagai suatu algoritma untuk meletakkan kumpulan elemen data kedalam urutan tertentu berdasarkan satu atau beberapa kunci dalam tiap-tiap elemen. Pada dasarnya ada dua macam urutan yang biasa digunakan dalam suatu proses sorting:
1. urut naik (ascending)
   Mengurutkan dari data yang mempunyai nilai paling kecil sampai paling besar
2. urut turun (descending)
   Mengurutkan dari data yang mempunyai nilai paling besar sampai paling kecil.
Ada banyak alasan dan keuntungan dengan mengurutkan data.
  • mudah untuk dicari,
  • mudah untuk diperiksa,
  • mudah untuk dibetulkan jika terdapat kesalahan.
  • mudah untuk dihapus jika sewaktu-waktu data tersebut tidak diperlukan lagi.
  • mudah untuk menyisipkan data atapun melakukan penggabungan data.
 metode-metode sorting yang akan saya bahas kali ini meliputi:  
1. Insertion Sort (Metode Penyisipan)
2. Selection Sort (Metode Seleksi)
3. Bubble sort(Metode Gelembung)
4. Shell Sort (Metode Shell)
5. Quick Sort (Metode Quick)
6. Merge Sort (Metode Penggabungan)


1. Insertion Sort (Metode Penyisipan)
  Proses pengurutan dengan metode penyisipan langsung dapat dijelaskan sebagai berikut : 
Data dicek satu per satu mulai dari yang kedua sampai dengan yang terakhir. Apabila ditemukan data yang lebih kecil daripada data sebelumnya, maka data tersebut disisipkan pada posisi yang sesuai. Akan lebih mudah apabila membayangkan pengurutan kartu. Pertama-tama anda meletakkan kartu-kartu tersebut di atas meja, kemudian melihatnya dari kiri ke kanan. Apabila kartu di sebelah kanan lebih kecil daripada kartu di sebelah kiri, maka ambil kartu tersebut dan sisipkan di tempat yang sesuai.Algoritma penyisipan langsung dapat dituliskan sbb :
1. i = 1
2. selama (i < N) kerjakan baris 3 sampai dengan 9
3. x = Data[i]
4. j = i – 1
5. selama (x < Data[j]) kerjakan baris 6 dan 7
6. Data[j + 1] = Data[j]
7. j = j – 1
8. Data[j+1] = x
9. i = i + 1

Di bawah ini merupakan prosedur yang menggunakan metode penyisipan langsung:
void StraighInsertSort()

{
int i, j, x;
for(i=1; i{
x = Data[i];
j = i - 1;
while (x < Data[j])
{
Data[j+1] = Data[j];
j--;
} Data[j+1] = x;
} }



Metode ini merupakan pengembangan dari metode penyisipan langsung. Dengan cara penyisipan langsung, perbandingan selalu dimulai dari elemen pertama (data ke-0), sehingga untuk menyisipkan elemen ke i kita harus melakukan perbandingan sebanyak i- 1 kali. Ide dari metode ini didasarkan pada kenyataan bahwa pada saat menggeser data ke-i, data ke 0 s/d i-1 sebenarnya sudah dalam keadaan terurut.
Algoritma penyisipan biner dapat dituliskan sebagai berikut :
1. i = 1
2. selama (i < N) kerjakan baris 3 sampai dengan 14
3. x = Data[i]
4. l = 0
5. r = i – 1
6. selama (l<=r) kerjakan baris 7 dan 8
7. m = (l + r) / 2
8. jika (x < Data[m]) maka r = m – 1, jika tidak l = m + 1
9. j = i – 1
10. selama ( j >=l) kerjakan baris 11 dan 12
11. Data[j+1] = Data[j]
12. j = j – 1
13. Data[l] = x
14. I = i + 1


Di bawah ini merupakan prosedur yang menggu
nakan metode penyisipan biner:
void BinaryInsertSort()
{
int i, j, l, r, m, x;
for (i=1; ix = Data[i];
l = 0;
r = i - 1;
while(l <= r){
m = (l + r) / 2;
if(x < Data[m])
r = m - 1;
else
l = m + 1;
}
for(j=i-1; j>=l; j--)
Data[
j+1] = Data[j];
Data[l]=x;
}
}


2. Selection Sort (Metode Seleksi)
Metode seleksi melakukan pengurutan dengan cara mencari data yang terkecil kemudian menukarkannya dengan data yang digunakan sebagai acuan atau sering dinamakan pivot. Proses pengurutan dengan metode seleksi dapat dijelaskan sebagai berikut :
Langkah pertama dicari data terkecil dari data pertama sampai data terakhir. Kemudian data terkecil ditukar dengan data pertama. Dengan demikian, data pertama sekarang mempunyai nilai paling kecil dibanding data yang lain.
Langkah kedua, data terkecil kita cari mulai dari data kedua sampai terakhir. Data terkecil yang kita peroleh ditukar dengan data kedua dan demikian seterusnya sampai semua elemen dalam keadaan terurutkan.
Algoritma seleksi dapat dituliskan sebagai berikut :
1. i = 0
2. selama (i < N-1) kerjakan baris 3 sampai dengan 9
3. k = i
4. j = i + 1
5. Selama (j < N) kerjakan baris 6 dan 7
6. Jika (Data[k] > Data[j]) maka k = j
7. j = j + 1
8. Tukar Data[i] dengan Data[k]
9. i = i + 1



Di bawah ini merupakan prosedur yang menggunakan metode seleksi:
void SelectionSort()
{
int i, j, k;
for(i=0; i{
k = i;
for (j=i+1; jif(Data[k] > Data[j])
k = j;
Tukar(&Data[i], &Data[k]);
}
}
3. Bubble sort(Metode Gelembung)
 Metode gelembung (bubble sort) sering juga disebut dengan metode penukaran (exchange sort) adalah metode yang mengurutkan data dengan cara membandingkan masing-masing elemen, kemudian melakukan penukaran bila perlu. Metode ini mudah dipahami dan diprogram, tetapi bila dibandingkan dengan metode lain yang kita pelajari, metode ini merupakan metode yang paling tidak efisien.
Proses pengurutan metode gelembung ini menggunakan dua kalang. Kalang pertama melakukan pengulangan dari elemen ke 2 sampai dengan elemen ke N-1 (misalnya variable i), sedangkan kalang kedua melakukan pengulangan menurun dari elemen ke N sampai elemen ke i (misalnya variable j). Pada setiap pengulangan, elemen ke j-1 dibandingkan dengan elemen ke j. Apabila data ke j-1 lebih besar daripada data ke j, dilakukan penukaran.
Algoritma gelembung dapat dituliskan sebagai berikut :
1. i = 0
2. selama (i < N-1) kerjakan baris 3 sampai dengan 7
3. j = N - 1
4. Selama (j >= i) kerjakan baris 5 sampai dengan 7
5. Jika (Data[j-1] > Data[j]) maka tukar Data[j-1] dengan Data[j]
6. j = j – 1
7. i = i + 1


Di bawah ini merupakan prosedur yang
menggunakan metode gelembung:
void BubbleSort()
{
int i, j;
for(i=1; ifor(j=Max-1; j>=i; j--)
if(Data[j-1] > Data[j])
Tukar(&Data[j-1], &Data[j]);
}


 
4. Shell Sort (Metode Shell)
 
Metode ini disebut juga dengan metode pertambahan menurun (diminishing increment). Metode ini dikembangkan oleh Donald L. Shell pada tahun 1959, sehingga sering disebut dengan Metode Shell Sort. Metode ini mengurutkan data dengan cara membandingkan suatu data dengan data lain yang memiliki jarak tertentu, kemudian dilakukan penukaran bila diperlukan. Proses pengurutan dengan metode Shell dapat dijelaskan sebagai berikut :
Pertama-tama adalah menentukan jarak mula-mula dari data yang akan dibandingkan, yaitu N / 2. Data pertama dibandingkan dengan data dengan jarak N / 2. Apabila data pertama lebih besar dari data ke N / 2 tersebut maka kedua data tersebut ditukar. Kemudian data kedua dibandingkan dengan jarak yang sama yaitu N / 2. Demikian seterusnya sampai seluruh data dibandingkan sehingga semua data ke-j selalu lebih kecil daripada data ke-(j + N / 2).
Pada proses berikutnya, digunakan jarak (N / 2) / 2 atau N / 4. Data pertama dibandingkan dengan data dengan jarak N / 4. Apabila data pertama lebih besar dari data ke N / 4 tersebut maka kedua data tersebut ditukar. Kemudian data kedua dibandingkan dengan jarak yang sama yaitu N / 4. Demikianlah seterusnya hingga seluruh data dibandingkan sehingga semua data ke-j lebih kecil daripada data ke-(j + N / 4).
Pada proses berikutnya, digunakan jarak (N / 4) / 2 atau N / 8. Demikian seterusnya sampai jarak yang digunakan adalah 1.

Algoritma metode Shell dapat dituliskan sebagai berikut :
1. Jarak = N
2. Selama (Jarak > 1) kerjakan baris 3 sampai dengan 9
3. Jarak = Jarak / 2. Sudah = false
4. Kerjakan baris 4 sampai dengan 8 selama Sudah = false
5. Sudah = true
6. j = 0
7. Selama (j < N – Jarak) kerjakan baris 8 dan 9
8. Jika (Data[j] > Data[j + Jarak] maka tukar Data[j],
   Data[j + Jarak].
   Sudah = true
9. j = j + 1


Di bawah ini merupakan prosedur
yang menggunakan metode Shell:
void ShellSort(int N)
{
int Jarak, i, j;
bool Sudah;
Jarak = N;
while(Lompat > 1)
{
Jarak = Jarak / 2;
Sudah = false;
while(!Sudah)
{
Sudah = true;
for(j=0; j{
i = j + Jarak;
if(Data[j] > Data[i])
{
Tukar(&Data[j], &Data[i]);
Sudah = false;
} } } } }


 
5. Quick Sort (Metode Quick)
Metode Quick sering disebut juga metode partisi (partition exchange sort). Metode ini diperkenalkan pertama kali oleh C.A.R. Hoare pada tahun 1962. Untuk mempertinggi efektifitas dari metode ini, digunakan teknik menukarkan dua elemen dengan jarak yang cukup besar. Proses penukaran dengan metode quick dapat dijelaskan sebagai berikut:
Mula-mula dipilih data tertentu yang disebut pivot, misalnya x. Pivot dipilih untuk mengatur data di sebelah kiri agar lebih kecil daripada pivot dan data di sebelah kanan agar lebih besar daripada pivot. Pivot ini diletakkan pada posisi ke j sedemikian sehingga data antara 1 sampai dengan j-1 lebih kecil daripada x. Sedangkan data pada posisi ke j+1 sampai N lebih besar daripada x. Caranya dengan menukarkan data diantara posisi 1 sampai dengan j-1 yang lebih besar daripada x dengan data diantara posisi j+1 sampai dengan N yang lebih kecil daripada x.
Implementasi secara non rekursif memerlukan dua buah tumpukan (stack) yang digunakan yang digunakan untuk menyimpan batas-batas subbagian. Pada prosedur ini menggunakan tumpukan yang bertipe record (struktur) yang terdiri dari elemen kiri (untuk mencatat batas kiri) dan kanan (untukmencatat batas kanan. Tumpukan dalam hal ini dideklarasikan sebagai array.
Algoritma quick sort non rekursif dapat dituliskan sebagai berikut :
1. Tumpukan[1].Kiri = 0
2.
Tumpukan[1].Kanan = N-1
3. Selama ujung ≠ 0 kerjakan baris 4 sampai dengan 22
4. L = Tumpukan[ujung].Kiri
5. R = Tumpukan[ujung].Kanan
6. ujung = ujung – 1
7.
Selama (R > L) kerjakan baris sampai 8 dengan 22
8. i = L
9. j = R
10. x = Data[(L + R) / 2]
11. Selama i <= j kerjakan baris 12 sampai dengan 14
12. Selama (Data[i] < x), i = i + 1
13. Selama (x < Data[j]), j = j – 1
14.
Jika (i <= j) maka kerjakan baris 15 sampai dengan 17, jika tidak ke baris 11
15. Tukar Data[i] dengan Data[j]
16. i = i + 1
17. j = j –1
18. Jika (L < i) maka kerjakan baris 19 sampai dengan 21
19. ujung = ujung + 1
20. Tumpukan[ujung].Kiri = i
21. Tumpukan[ujung].Kanan = R
22. R = j


Di bawah ini merupakan prosedur yang menggunakan metode quick dengan non rekursi:

void QuickSortNonRekursif(int N)
{
const M = MaxStack;
struct tump
{
int Kiri;
int Kanan;
}
Tumpukan[M];
int i, j, L, R, x, ujung = 1;
Tumpukan[1].Kiri = 0;
Tumpukan[1].Kanan = N-1;
while (ujung!=0)
{
L = Tumpukan[ujung].Kiri;
R = Tumpukan[ujung].Kanan;
ujung--;
while(R > L)
{
i = L;
j = R;
x = Data[(L+R)/2];
while(i <= j)
{
while(Data[i] < x)
i++;
while(x < Data[j])
j--;
if(i <= j)
{
Tukar(&Data[i], &Data[j]);
i++;
j--;
}
}
if(L < i)
{
ujung++;
Tumpukan[ujung].Kiri = i;
Tumpukan[ujung].Kanan = R;
}
R = j;
}
}
}

Algoritma quick Rekursif dapat dituliskan sebagai berikut :
1. x = Data[(L + R) / 2]
2. i = L
3. j = R
4. Selama ( i <= j) kerjakan baris 5 sampai dengan 12
5. Selama (Data[i] < x) kerjakan i = i + 1
6. Selama (Data[j] > x) kerjakan j = j – 1
7. Jika (i <= j) maka kerjakan baris 8 sampai 10; jika tidak kerjakan baris 11
8. Tukar Data[i] dengan Data[j]
9. i = i + 1
10. j = j –1
11. Jika (L < j) kerjakan lagi baris 1 dengan R = j
12. Jika (i < R) kerjakan lagi baris 1 dengan L = i


Dibawah ini merupakan prosedur yang menggunakan
metode quick dengan rekursi:
void QuickSortRekursif(int L, int R)
{
int i, j, x;
x = data[(L+R)/2];
i = L;
j = R;
while (i <= j)
{
while(Data[i] < x)
i++;
while(Data[j] > x)
j--;
if(i <= j)
{
Tukar(&Data[i], &Data[j]);
i++;
j--;
}
}
if(L < j)
QuickSortRekursif(L, j);
if(i < R)
QuickSortRekursif(i, R);
}

 
6. Merge Sort (Metode Penggabungan)
Metode penggabungan biasanya digunakan pada pengurutan berkas. Prinsip dari metode penggabungan sebagai berikut :
Mula-mula diberikan dua kumpulan data yang sudah dalam keadaan urut. Kedua kumpulan data tersebut harus dijadikan satu table sehingga dalam keadaan urut. Misalnya kumpulan data pertama (T1) adalah sebagai berikut :
3 11 12 23 31

Sedangkan kumpulan data kedua (T2) adalah sebagai berikut :
9 15 17 20 35
Proses penggabungan ini dapat dijelaskan sebagai berikut : mula-mula diambil data pertama dari T1 yaitu 3 dan data pertama dari T2 yaitu 9. Data ini dibandingkan, kemudian yang lebih kecil diletakkan sebagai data pertama dari hasil pengurutan, misalnya T3. Jadi T3 akan memiliki satu data yaitu 3. Data yang lebih besar yaitu 9 kemudian dibandingkan dengan data kedua dari T1, yaitu 11. Ternyata 9 lebih kecil dari 11, sehingga 9 diletakkan sebagai data kedua dari T3.Demikian seterusnya
sehingga didapat hasil sebagai berikut :

3 9 11 12 15 17 20 23 31 35
 
Algoritma penggabungan dapat dituliskan sebagai berikut :
1. i = 0
2. j = 0
3. J3 = 0
4. Kerjakan baris 5 sampai dengan 7 selama (i < J1) atau (j < J2)
5. J3 = J3 + 1
6. Jika (T1[i] < T2[j]) maka T3[J3] = T1[i], i = i + 1
7. Jika (T1[i] >= T2[j]) maka T3[J3] = T2[j], j = j + 1
8. Jika (i > J1) maka kerjakan baris 9, jika tidak kerjakan baris 15
9. i = j
10. Selama (i < J2) kerjakan baris 11 sampai dengan 13
11. J3 = J3 + 1
12. T3[J3] = T2[i]
13. i = i + 1
14. Selesai
15. j = i
16. Selama (j < J1) kerjakan baris 17 sampai dengan 19
17. J3 = J3 + 1
18
. T3[J3] = T1[j]
19. j = j + 1

Di bawah ini merupakan prosedur penggabungan dua kumpulan data yang sudah dalam keadaan urut:
void MergeSort(int T1[],int T2[],int J1,int J2, int T3[],int *J3)
{
int i=0, j=0;
int t=0;
while ((i{
if(T1[i]{
T3[t] = T1[i];
i++;
}
else
{
T3[t] = T2[j];
j++;
}t++;
}
if(i>J1)
for(i=j; i{
T3[t] = T2[i];
t++;
}
if(j>J2)
for(j=i; j{
T3[t] = T1[j];
t++;
}
*J3 = t;
}


Tidak ada algoritma terbaik untuk setiap situasi yang kita hadapi, bahkan cukup sulit untuk menentukan algoritma mana yang paling baik untuk situasi tertentu karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi efektifitas algoritma pengurutan. Beberapa faktor yang berpengaruh pada efektifitas suatu algoritma pengurutan antara
lain:
  1. Banyak data yang diurutkan.
    2. Kapasitas pengingat apakah mampu menyimpan semua data yang kita miliki.
    3. Tempat penyimpanan data.
Berikut ini adalah implementasi dari keenam metode sorting diatas. Data yang akan disorting dibangkitkan secara random. Ubah-ubahlah nilai N pada program berikut untuk mengetahui perbedaan kecepatan tiap-tiap metode. Semakin besar anda memberikan nilai N, semakin terlihat perbedaan waktunya.
 
 
SEARCHING
  1. Preface
Artikel ini akan memaparkan kepada anda mengenai searching dalam dunia struktur data. Dua metode yang dibahas dalam artikel ini yaitu Sequential Searching dan Binary Search. Semoga bermanfaat.
2. Pembahasan
Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita sering melakukan pencarian data. Sebagai contoh, jika kita menggunakan Kamus untuk mencari kata-kata dalam Bahasa Inggris yang belum diketahui terjemahannya dalam Bahasa Indonesia. Contoh lain saat kita menggunakan buku telepon untuk mencari nomor telepon teman atau kenalan dan masih banyak contoh yang lain. Pencarian data sering juga disebut table look-up atau storage and retrieval information adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.
Algoritma pencarian (searching algorithm) adalah algoritma yang menerima sebuah argumen kunci dan dengan langkah-langkah tertentu akan mencari rekaman dengan kunci tersebut. Setelah proses pencarian dilaksanakan, akan diperoleh salah satu dari dua kemungkinan, yaitu data yang dicari ditemukan (successful) atau tidak ditemukan (unsuccessful).
Metode pencarian data dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pencarian internal (internal searching) dan pencarian eksternal (external searching). Pada pencarian internal, semua rekaman yang diketahui berada dalam pengingat komputer sedangakan pada pencarian eksternal, tidak semua rekaman yang diketahui berada dalam pengingat komputer, tetapi ada sejumlah rekaman yang tersimpan dalam penyimpan luar misalnya pita atau cakram magnetis. Selain itu metode pencarian data juga dapat dikelompokkan menjadi pencarian statis (static searching) dan pencarian dinamis (dynamic searching). Pada pencarian statis, banyaknya rekaman yang diketahui dianggap tetap, pada pencarian dinamis, banyaknya rekaman yang diketahui bisa berubah-ubah yang disebabkan oleh penambahan atau penghapusan suatu rekaman. Ada dua macam teknik pencarian yaitu pencarian sekuensial dan pencarian biner.
Perbedaan dari dua teknik ini terletak pada keadaan data. Pencarian sekuensial digunakan apabila data dalam keadaan acak atau tidak terurut. Sebaliknya, pencarian biner digunakan pada data yang sudah dalam keadaan urut.
Pencarian Berurutan (Sequential Searching)
Pencarian berurutan sering disebut pencarian linear merupakan metode pencarian yang paling sederhana. Pencarian berurutan menggunakan prinsip sebagai berikut : data yang ada dibandingkan satu per satu secara berurutan dengan yang dicari sampai data tersebut ditemukan atau tidak ditemukan.
Pada dasarnya, pencarian ini hanya melakukan pengulangan dari 1 sampai dengan jumlah data. Pada setiap pengulangan, dibandingkan data ke-i dengan yang dicari. Apabila sama, berarti data telah ditemukan. Sebaliknya apabila sampai akhir pengulangan tidak ada data yang sama, berarti data tidak ada. Pada kasus yang paling buruk, untuk N elemen data harus dilakukan pencarian sebanyak N kali pula.

Algoritma pencarian berurutan dapat dituliskan sebagai berikut :
  1. i ← 0
  2. ditemukan ← false
  3. Selama (tidak ditemukan) dan (i <= N)kerjakan baris 4
  4. Jika (Data[i] = x) maka ditemukan ← true, jika tidak i ← i + 1
  5. Jika (ditemukan) maka i adalah indeks dari data yang dicari, jika tidak data tidak ditemukan
Di bawah ini merupakan fungsi untuk mencari data menggunakan pencarian sekuensial.
int SequentialSearch(int x)
{
     int i = 0;
     bool ditemukan = false;
     while ((!ditemukan) && (i < Max))
     {
          if(Data[i] == x)
               ditemukan = true;
          else
               i++;
     }
     if(ditemukan)
          return i;
     else
          return -1;
}
Fungsi diatas akan mengembalikan indeks dari data yang dicari. Apabila data tidak ditemukan maka fungsi diatas akan mengembalikan nilai –1.
Pencarian Biner (Binary Search)
Salah satu syarat agar pencarian biner dapat dilakukan adalah data sudah dalam keadaan urut. Dengan kata lain, apabila data belum dalam keadaan urut, pencarian biner tidak dapat dilakukan. Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kita juga sering menggunakan pencarian biner. Misalnya saat ingin mencari suatu kata dalam kamus Prinsip dari pencarian biner dapat dijelaskan sebagai berikut : mula-mula diambil posisi awal 0 dan posisi akhir = N - 1, kemudian dicari posisi data tengah dengan rumus (posisi awal + posisi akhir) / 2. Kemudian data yang dicari dibandingkan dengan data tengah. Jika lebih kecil, proses dilakukan kembali tetapi posisi akhir dianggap sama dengan posisi tengah –1. Jika lebih besar, porses dilakukan kembali tetapi posisi awal dianggap sama dengan posisi tengah + 1. Demikian seterusnya sampai data tengah sama dengan yang dicari.Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh berikut:
Misalnya ingin mencari data 17 pada sekumpulan data berikut :
 
Mula-mula dicari data tengah, dengan rumus (0 + 9) / 2 = 4. Berarti data tengah adalah data ke-4, yaitu 15. Data yang dicari, yaitu 17, dibandingkan dengan data tengah ini. Karena 17 > 15, berarti proses dilanjutkan tetapi kali ini posisi awal dianggap sama dengan posisi tengah + 1 atau 5.
 
 
Data tengah yang baru didapat dengan rumus (5 + 9) / 2 = 7. Berarti data tengah yang baru adalah data ke-7, yaitu 23. Data yang dicari yaitu 17 dibandingkan dengan data tenah ini. Karena 17 < 23, berarti proses dilanjukkan tetapi kali ini posisi akhir dianggap sama dengan posisi tengah – 1 atau 6.
 
 
Data tengah yang baru didapat dengan rumus (5 + 6) / 2 = 5. Berarti data tengah yang baru adalah data ke-5, yaitu 17. data yang dicari dibandingkan dengan data tengah ini dan ternyata sama. Jadi data ditemukan pada indeks ke-5. Pencarian biner ini akan berakhir jika data ditemukan atau posisi awal lebih besar daripada posisi akhir. Jika posisi sudah lebih besar daripada posisi akhir berarti data tidak ditemukan.
 Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh pencarian data 16 pada data diatas. Prosesnya hampir sama dengan pencarian data 17. Tetapi setelah posisi awal 5 dan posisi akhir 6, data tidak ditemukan dan 16 < 17, maka posisi akhir menjadi posisi tengah – 1 atau = 4 sedangkan posisi awal = 5.
 Disini dapat dilihat bahwa posisi awal lebih besar daripada posisi akhir, yang artinya data tidak ditemukan.
 
Algoritma pencarian biner dapat dituliskan sebagai berikut :
  1. L ← 0
  2. R ← N – 1
  3. ditemukan ← false
  4. Selama (L <= R) dan (tidak ditemukan) kerjakan baris 5 sampai dengan 8
  5. m ← (L + R) / 2
  6. Jika (Data[m] = x) maka ditemukan ← true
  7. Jika (x < Data[m]) maka R ← m – 1
  8. Jika (x > Data[m]) maka L ← m + 1
  9. Jika (ditemukan) maka m adalah indeks dari data yang dicari, jika tidak data tidak ditemukan.
 
Di bawah ini merupakan fungsi untuk mencari data menggunakan pencarian biner.
 int BinarySearch(int x)
{
     int L = 0, R = Max-1, m;
     bool ditemukan = false;
     while((L <= R) && (!ditemukan))
     {
          m = (L + R) / 2;
          if(Data[m] == x)
               ditemukan = true;
          else if (x < data[m])
               R = m - 1;
          else
               L = m + 1;
     }
     if(ditemukan)
          return m;
     else
          return -1;
}
 Fungsi diatas akan mengembalikan indeks dari data yang dicari. Apabila data tidak ditemukan maka fungsi diatas akan mengembalikan nilai –1. Jumlah pembandingan minimum pada pencarian biner adalah 1 kali, yaitu apabila data yang dicari tepat berada di tengah-tengah. Jumlah pembandingan maksimum yang dilakukan dengan pencarian biner dapat dicari menggunakan rumus logaritma, yaitu : C = 2log(N)
 3. Penutup
1. Algoritma pencarian berurutan digunakan untuk mencari data pada sekumpulan data atau rekaman yang masih acak 
2. Algoritma pencarian biner digunakan untuk mencari data pada sekumpulan data atau rekaman yang sudah dalam keadaan terurut.
4. Attachment
Berikut ialah contoh implementasi dalam bentuk program dari metode-metode searching yang telah dibahas:



0 komentar:

Posting Komentar