Kamis, 21 Juni 2012

Tips mengatasi nyeri saat Menstruasi atau Haid

Assalamualaikum Wr Wb

Buat kamu-kamu para kaum hawa, sehat, baligh, dan siklus haidnya pasti tiap bulannya dapet jatah nih, jatah yang melarang kita untuk ini itu(kebanyakan suka karena berhenti melakukan ibadah, :p) jatah itu karunia dari Allah mbak bro,  coba bayangin kalo kita gak dapet tuh jatah tiap bulan, pasti jadi tanda tanya kan? entah bermasalah dengan kesehatan,mood atau bahkan bisa bisa ----------- (sensor) hehe,

Alhamdulilah ya sesuatu #syahrinibgt kita masih di ijinkan merasakan haid tiap bulannya, nah mbak bro sering juga kita direpotkan dengan kondisi itu, entah sakit rahim/perut kita, tulang-tulang terasa pegal,pusing berlebihan,mual,dan pada bagian tertentu terasa nyeri atau bahkan mood kita 20000x lebih sensitif dan PEMARAH, please deh alhamdulilah aku juga sering ngrasain setiap bulannya, hehe apalagi pas kita banyak kegiatan, ngampus atau sedang sekolah atau sedang kerja atau pas lagi liburan ! jangan sampe semua itu mengganggu atau bahkan menghentikan akitivitas kita, apalagi pas hari pertama, UH ! mungkin hari selanjutnya gak terlalu sakit atau bahkan udah ga sakit tapi tetep aja hari pertama itu hari dimana lagi keluar banyak-banyaknya dikarenakan rahim kita mengalami pemrosesan darah yang pertama kali sejak kita gak haid. nah pertanyaan yang sering muncul pasti "BAGAIMANA MENGATASINYA, BAGAIMANA MENGHILANGKANNYA ? BAGAIMANA? BAGAIMANA?" #panik
nah kakak-kakak, adek-adek, ibu-ibu, nenek-nenek(sebagian lansia juga masih haid) semuanyaaaa, dibawah ini saya akan memberikan sedikit ilmu yang saya punyai tentang haid, semoga bermanfaat untuk mencegah, menyembuhkan, atau bahkan menhilangkan(bukan perut/rahimnya :p tapi sakitnya :)
Tips mengatasi nyeri saat Menstruasi atau Haid :

  1. Jangan suka makan-makanan yang terlalu PEDAS, baik sebelum,sedang atau sesudah haid, ini gak baik mbakbro buat percenaan kita, seperti biasanya yang bikin mules dsb, otu juga gak baik buat lambung dan rahim, so mulai kurangi ya kebiasaan yang kurang baik ini :)
  2. Jangan sering jadikan ES sebagai minum pengantar makan, ngemil atau yang lain, ES itu pada unsurnya bisa menyusutkan, dan kamu tahu gak seh? es yang dibuat sama oknum yang GAK BERTANGGUNG JAWAB itu airnya gak steril bahkan dari air sungai yang kotor dan GAK DI SULING, kebayang gak sih lo -_-
  3. Jangan sering ngemil Coklat, atau benda benda manis lainnya, riset membuktikan makanan manis cuma bikin mood dan pikiran kita semangat tetapi bisa juga berakibat buruk sama tubuh kita, so ? ngemil apa dong? iya yang penting JANGAN KESERINGAN :)
  4. Jangan tergantung pada obat penghilang rasa sakit pada perut saat haid, lo tau gak seh? selain buat kecanduan, obat-obat itu mengandung bahan-bahan kimia ex : pengawet,pewarna,dosis tinggi BUATAN, dan kamu tahu, itu membuat rahim kita kering dan akan bermasalah pada proses melahirkan besok, #nangudzubillah
  5. Sering Olahraga ! baik sebelum,sedang atau sesudah haid, wah kalo ini jangan ditanya lagi, ini cara terampuh mengatasi segala penyakit, luangkanlah waktu 10-30 menit untuk sekedar berlarian kecil atau sebagainya :)
  6. Perbanyak MINUM  AIR PUTIH ,baik sebelum,sedang atau sesudah haid riset membuktikan ini emang cara terampuh dalam sgala hal soal kebutuhan mineral tubuh kita, maksinmal sih 18 gelas per hari, susah sih atau bahkan bikin kembung or buang air mulu, tapi justru itu membuang kotoran bro, masak mau nyimpen kotoran terus-terusan didalam tubuh, UGH !
  7. Cara-cara tradisional , inih cara gue suka buangeeet soalnya dengan kebiasaanku yang gak suka minum/makan obat(maklum obatnya gedhe-gedhe jadi bisa disebut makan obat,hiihi)  ini cara ampuh bgtt !!!!, dengan cara minum jamu(biasanya sih kunir asem,hmmm yummi) kerokan, ampuh hlo soalnya angin dalam tubuh bisa keluar lewat pori-pori yang berlubang karena kita kerokan, bungkus air anget ke plastik atau yang lainnya tempelin ke rahim kita(letaknya dibawah pusar) pokoke aku cocok bgt ama nih cara :D
  8. Istirahatkan badan, rata-rata gejala haid ini cuma 2-3 jam jadi USAHAKAN istirahat, kan emang itu penyakit alami so gausah takut, semua penyakit pada intinya itu bisa sembuh kalo istirahat dan makan yg teratur(bergizi).
  9. for the last vegas, BERDO'A DAN BERIKHTIAR , jangan suka ngeluh dan marah #emangnya dengan ngeluh n marah sakitnya bisa ilang? gak kan?
waow capek juga ya ngetik, hihihi
Demikianlah tips yang bisa saya sampaikan, kalo ada salah kata, tata dan canda saya pribadi mohon maaf yang sebesar-besarnya :)
wabilahittaufik wal hidayah ,
Wassalamualaikum wr wb :)

#Fina Norfila

1 komentar:

ari mengatakan...

Woaw bermanfaat sekali. Terimkakih artikel nya

Rabu, 06 Desember 2017 pukul 07.20.00 GMT+7

Posting Komentar